Advertisement

Responsive Advertisement

Amanat pembina upacara MENGISI KEMERDEKAAN

Penulis: Dr. Rusdan H

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

"Alhamdulillaahi rabbil-'aalamiina, wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil-anbiyaa-i wal-mursaliina, nabiyyinaa wa habiibinaa muhammadin, wa 'alaa aalihi wa shahbihi ajma'iina, wa man tabi'ahum bi-ihsaanin ilaa yawmid-diini, amma ba'du."

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru-guru, Siswa-siswi yang Bapak cintai,


Bersama kita rayakan momentum penting dalam sejarah bangsa kita, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai bangsa yang merayakan kemerdekaan, kita harus selalu mengingat dan mengisi nilai-nilai kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan kita.


Kemerdekaan bukanlah sekedar kata-kata, melainkan pengorbanan dan perjuangan yang dilakukan seluruh rakyat Indonesia untuk mempertahankan hak mereka atas tanah air yang tercinta ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak hanya merayakan hari kemerdekaan, tetapi juga mengisi kemerdekaan kita dengan hal-hal yang positif.

Tentunya, mengisi kemerdekaan kita bukanlah hanya semata-mata kebebasan yang tak terbatas, melainkan pula kebersamaan, toleransi, kerja keras, dan semangat kebangsaan untuk membangun negara yang lebih baik. Seperti yang sudah kita ketahui, bangsa Indonesia terdiri dari berbagai etnis, agama, budaya, dan suku, sehingga kebersamaan dan toleransi adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan kita sebagai bangsa.

Selanjutnya, semangat kerja keras harus senantiasa ditanamkan pada diri setiap individu. Kita harus belajar dari para pejuang kemerdekaan, yang telah rela mengorbankan segala-galanya demi mencapai tujuan mereka. Kita harus selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang produktif dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Terakhir, semangat kebangsaan juga harus senantiasa kita jaga dan kembangkan. Kita harus merasa bangga dan memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap negara kita, serta tekun dalam menjalankan tugas-tugas yang kita emban sebagai warga negara yang baik.

Demikianlah amanat yang dapat bapak sampaikan, semoga kita semua dapat lebih mengisi kemerdekaan kita dengan hal-hal yang positif, sehingga kita dapat membangun negara yang lebih maju, bahagia dan sejahtera. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Posting Komentar

0 Komentar