Advertisement

Responsive Advertisement

Pentingnya Kemampuan Menulis Bagi Guru dalam Pengembangan Pendidikan Islam


Penulis :Dr. Rusdan H, S.Pd.,SH.,MM.Pd.(The Headmaster of SMPN 3 Cipongkor, Bandung Barat)

Dalam dunia pendidikan Islam, kemampuan menulis menjadi sangat penting karena dapat membantu guru dalam menghasilkan materi ajar yang bermanfaat secara Islami. Seorang guru Muslim diharapkan mampu menuliskan pemikiran dan ide-idenya yang selaras dengan nilai-nilai Islam, sehingga dapat membentuk kepribadian siswa secara Islami. Melalui kemampuan menulis, seorang guru dapat menuliskan pengalaman-pengalamannya dalam beribadah, mengajar maupun memperdalam pengetahuan agama, sehingga mampu memberikan manfaat dan menjadi inspirasi bagi orang lain.

Dalam Islam, menulis juga memiliki keutamaan dan berkah tersendiri. Rasulullah SAW sendiri menyebutkan bahwa "Tulisan yang paling dicintai oleh Allah adalah tulisan yang paling ringan, yaitu bacaan subhanallah walhamdulillah wa laa illaha illallah wallahu akbar" (HR. Muslim). Dengan menulis kalimat-kalimat dzikir dan doa, seorang guru Muslim bisa menjadikan tulisannya sebagai amal sholeh yang mendatangkan keberkahan juga berarti bagi kehidupan dunia dan akhirat. Sebagai sebuah keterampilan, menulis pun sangat dibutuhkan dalam pengembangan pendidikan Islam, di mana melalui kebolehan menulisnya, guru mampu mengambil kesempatan besar untuk menyebarkan kebaikan dan meningkatkan pahala yang ada di sisi Allah SWT. 

Oleh karena itu, seorang guru Muslim harus memperkuat kemampuan menulisnya agar bisa memberikan manfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Dalam mempraktikkan kemampuan menulis, seorang guru Muslim diharapkan bisa menjadikan setiap kalimat yang ditulisnya sebagai sarana dalam rangka mempererat hubungannya dengan Allah SWT, memotivasi diri sendiri untuk terus meningkatkan pelayanan pada anak didik, membantu serta memberi inspirasi bagi sesama guru dan menghasilkan karya tulis yang bermanfaat untuk umat Islam pada umumnya. Dengan demikian, menulis merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan pendidikan Islam yang diridhai oleh Allah SWT. 

Wallahu A'lam Bishawab


Posting Komentar

0 Komentar