Advertisement

Responsive Advertisement

Mengontrol Emosi: Cara Sabar dan Bijaksana Menghadapi Komentar Buruk dan Kebencian Orang Lain


Penulis: Dr. Rusdan H, MM.Pd.

Dalam hidup, kita akan bertemu dengan berbagai jenis orang dengan berbagai pandangan dan perilaku yang berbeda. Tidak semua orang akan menyukai kita atau setuju dengan apa yang kita katakan atau lakukan. Namun, kebencian dan komentar buruk yang mereka sampaikan tidak akan memperbaiki situasi atau memberikan solusi yang positif.

Kita harus memahami bahwa setiap orang memiliki hak untuk berpendapat dan tidak ada yang memilik hak untuk memaksakan pandangan atau kehendaknya pada orang lain. Oleh karena itu, jika kita merasa kesal atau terluka karena komentar atau tindakan orang lain, kita harus belajar untuk mengendalikan hati dan pikiran kita untuk tidak membalasnya dengan kejahatan yang sama.

Tentunya, tidak mudah untuk mengendalikan emosi dan tidak terpancing oleh provokasi dari orang lain, namun jika kita selalu memahami bahwa tindakan kebencian tidak akan pernah membawa kebaikan pada diri kita atau orang lain, maka hal ini dapat menjadi motivasi untuk menjadi lebih sabar dan bijaksana dalam menghadapi situasi sulit.

Kita tidak bisa menghentikan kebencian dan komentar buruk orang lain, Tapi, kita bisa melindungi hati dan pikiran agar tidak membalasnya dengan kejahatan yang sama.

Dengan demikian, kita akan memiliki hati dan pikiran yang selalu tenang dan damai, sehingga kita bisa lebih fokus pada solusi yang konstruktif dan positif. Dan jika kita belajar berbuat baik dan menjadi teladan bagi orang lain, maka perlahan-lahan, kita akan dapatlah mengubah persepsi orang lain terhadap kita dan juga mempengaruhi mereka untuk melakukan hal yang sama.

Wallahu A'lam Bishawab

Posting Komentar

0 Komentar