Advertisement

Responsive Advertisement

Ubah Hal yang Dapat Diubah dan Terus Perbaiki Diri

Penulis: Dr.Rusdan H

"Kita tak bisa mengendalikan seluruh kejadian dalam hidup, namun kita dapat mengendalikan cara kita merespon dan bertindak terhadapnya. Teruslah memperbaiki diri dan fokus pada hal-hal yang dapat kita ubah, hasilnya tinggalkan pada Alloh." - Dr.Rusdan H

Perbaiki apa yang bisa kita perbaiki, ubah apa yang mampu kita ubah! Frasa ini memang cukup terdengar sederhana, namun sebenarnya tersimpan nilai motivasi yang cukup kuat di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, hidup ini penuh dengan ketidakpastian dan tantangan yang harus kita hadapi. Tidak jarang kita merasa terbebani dengan masalah atau rintangan yang sulit untuk diatasi.

Namun, ada satu hal yang perlu kita ingat dalam mengarungi kehidupan, yaitu fokus pada hal-hal yang bisa dan mampu kita ubah. Selalu ada hal-hal yang memang di luar kendali kita, namun bukan berarti kita harus menyerah begitu saja. Fokuslah pada solusi, bukan masalah!

Dalam menjalani hidup, kita selalu diberikan pilihan untuk menentukan jalan yang akan kita ambil, dan hasilnya tergantung pada keputusan yang kita buat. Jangan biarkan masalah atau rintangan yang sulit mengalahkan semangat dan tekad kita untuk meraih impian. Sebaliknya, lihatlah kesulitan sebagai tantangan yang harus kita hadapi dan kalahkan.

Tentunya, untuk mencapai tujuan kita tidak cukup hanya dengan bertekad saja. Kita harus memperbaiki diri kita sendiri dan memperbaiki apa yang bisa kita perbaiki. Jangan pernah merasa puas dengan kualitas diri atau prestasi yang sudah kita raih, karena selalu ada ruang untuk perbaikan. Menjadi lebih baik dari hari kemarin!

Selain itu, kita juga harus memiliki keberanian untuk mengubah hal-hal yang mampu kita ubah. Jangan terjebak dengan rutinitas yang membosankan atau dengan zona nyaman yang membuat kita merasa aman. Cobalah untuk keluar dari zona tersebut dan berani mengambil risiko dalam meraih impian.

Namun, pada akhirnya, perjuangan kita akan lebih mudah jika kita melepaskan semua hasil kepada Alloh. Memberikan yang terbaik dari diri kita dan menyerahkan hasilnya pada Alloh. Jangan terlalu menjadi individualis yang selalu merasa ‘pengendali’ atas semua hal. Hidup ini memang penuh dengan ketidakpastian, namun Alloh selalu ada dan memberikan jalan untuk kita.

Kesimpulannya, "Perbaiki apa yang bisa kita perbaiki, ubah apa yang mampu kita ubah!" Jangan biarkan masalah atau rintangan membawa kita ke arah yang negatif. Fokuslah pada solusi dan bukan masalah. Teruslah memperbaiki diri dan meraih impian yang menjadi cita-cita kita, dan tentunya selalu memberikan hasil yang terbaik dan menyerahkan yang terbaik untuk Alloh. Semua akan baik-baik saja dengan Alloh di samping kita. Wallahu A'lam Bishawab, Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar