Advertisement

Responsive Advertisement

Malam Nisfu Syaban, Bisikan Ampunan di Tengah Kegelapan



Oleh: Dr.Rusdan H

Di jantung bulan Syaban, malam ke-15 menyapa dengan selimut hening. Malam Nisfu Syaban, begitu namanya disebut, hati bergetar penuh harap. Sebab, di malam istimewa ini, Allah SWT turunkan rahmat yang melimpah, pintu ampunan terbuka lebar, dan do’a-do’a dipanjatkan dengan harapan meraih ridho Ilahi.


Adakah ruh yang tak haus akan pengampunan? Adakah jiwa yang tak mendambakan ridho Rabbnya? Malam Nisfu Syaban hadir sebagai bisikan lembut di tengah kegelapan, menawarkan kesempatan untuk kembali suci, untuk merajut kembali benang taqwa yang terputus.


Rasulullah SAW bersabda, "Pada malam Nisfu Syaban, Allah SWT turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir. Lalu Dia berfirman, 'Adakah hamba-Ku yang meminta ampunan kepada-Ku, maka Aku ampuni dia? Adakah hamba-Ku yang meminta rezeki kepada-Ku, maka Aku beri dia rezeki? Adakah hamba-Ku yang ditimpa musibah, maka Aku hilangkan musibahnya itu?'." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).


Kalimat ini tak hanya indah di telinga, tapi juga menggetarkan hati. Allah SWT, Sang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, menanti para hamba-Nya untuk memohon ampunan, rezeki, dan kebaikan. Malam ini, doa-doa takkan terhalang, pintu ampunan takkan tertutup.


Maka, apa yang bisa kita lakukan di malam penuh berkah ini?. Perbanyak istighfar. Mohonlah ampunan dengan sepenuh hati, lisan kita berdzikir, hati kita menyesali kesalahan, dan tekad kita untuk berubah menguat.


Sholat malam. Lambungkan sujud kita di sepertiga malam, bermunajatlah dengan penuh harap, dan rasakan kedekatan dengan Rabb kita.


Sedekah dan berbagi. Ulurkan tangan kita pada yang membutuhkan, ringankanlah beban mereka, dan rasakan kebahagiaan berbagi.


Do’a dengan sungguh-sungguh. Lisan kita memohon, hati kita berharap, dan yakinlah bahwa Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa.


Malam Nisfu Syaban tak hanya tentang ritual, tapi tentang perubahan diri. Mari jadikan Malam Nisfu Syaban sebagai titik balik, sebagai awal untuk kembali kepada Allah SWT dengan hati yang bersih dan penuh harapan.


Ampunan dan rahmat Allah SWT tak pernah terlambat. Malam Nisfu Syaban adalah kesempatan emas untuk meraihnya. Jangan biarkan bisikan lembut ini berlalu begitu saja. Mari perbanyak amalan, sucikan hati, meraih ridho Ilahi, dan jadikan malam ini sebagai malam yang tak terlupakan. Semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita dan mengampuni dosa-dosa kita. Aamiin. Wallahu A'lam Bishawab. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar