Advertisement

Responsive Advertisement

Guru yang Hadir di Hati Murid



Oleh: Dr.Rusdan H, MM.Pd.

Murid tidak mau belajar dari guru yang tidak disukainya.Ini adalah kenyataan pahit yang harus dihadapi oleh setiap guru. Sebagai pengajar, kita ingin mentransfer ilmu dan pengetahuan kepada murid-murid kita. Namun, jika mereka tidak menyukai kita, maka usaha kita akan sia-sia.


Untuk menjadi guru yang disukainya, guru harus hadir di hati murid-muridnya. Ini berarti kita harus membangun hubungan yang baik dengan mereka. Kita harus menunjukkan kepada mereka bahwa kita peduli dan ingin membantu mereka belajar dan berkembang.


Untuk bisa hadir di hati muridnya, guru harus mengajar memakai hati.Kita harus mencintai murid-murid kita seperti anak sendiri. Kita harus sabar dan pengertian terhadap mereka. Kita harus mendengarkan mereka dengan penuh perhatian.


Jangan mengajar dengan emosi. Marah dan kecewa adalah emosi yang wajar. Namun, jangan sampai emosi ini menguasai diri kita saat mengajar. Jika kita mengajar dengan emosi, maka murid-murid akan merasa takut dan tidak nyaman.


Ada beberapa tips untuk menjadi guru yang disukai dan hadir di hati murid: yang pertama, Tunjukkan rasa hormat kepada murid. Dengarkan mereka dengan penuh perhatian dan hargai pendapat mereka.


Kedua, Berikan perhatian kepada setiap murid. Kenali nama mereka dan tunjukkan bahwa Anda peduli terhadap mereka.


Ketiga, Buatlah pembelajaran menjadi menyenangkan. Gunakan humor dan permainan untuk membuat murid-murid Anda tertarik dengan pelajaran.


Keempat, Berikan pujian dan dorongan kepada murid. Berikan mereka feedback yang positif dan bantu mereka untuk berkembang.


Kelima, Jadilah role model yang baik. Tunjukkan kepada murid-murid Anda nilai-nilai yang ingin Anda tanamkan dalam diri mereka.


Menjadi guru yang disukai dan hadir di hati murid bukanlah hal yang mudah. Namun, jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh, maka kita akan dapat membangun hubungan yang baik dengan murid-murid kita dan membantu mereka untuk belajar dan berkembang, niatkan semuanya ibadah yang akan kelak kita nikmati pahala kebaikannya.


Marilah kita bersama-sama menjadi guru yang hadir di hati murid-murid. Marilah kita ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan penuh kasih sayang. Marilah kita bantu murid-murid kita untuk mencapai cita-cita mereka. Wallahu a'lam bishawab.


Gurua yang hadir di hati murid adalah guru yang akan selalu dikenang dan dihormati.

Posting Komentar

0 Komentar